cover
Contact Name
Tegor
Contact Email
tigor.belitong@gmail.com
Phone
+6281212454878
Journal Mail Official
tigor.belitong@gmail.com
Editorial Address
Jl. Canggai Puteri, Teluk Uma, Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau
Location
Kab. karimun,
Kepulauan riau
INDONESIA
Jurnal Cafetaria
Published by Universitas Karimun
ISSN : -     EISSN : 27210553     DOI : 10.2020
Jurnal Cafetaria sebagai wadah berisi berbagai hasil penelitian Dosen, Mahasiswa, Alumni serta pihak lain terkait dengan keilmuan di Bidang Akuntansi dan Perekonmian pada umumnya. Cafetaria diambil dari Bahasa Inggris Jermatik pada abad pertengahan dikawasan Eropa Barat. Cafetaria merupakan tempat melayani penjualan makan dan minum kepada pelangan secara swalayan dan bermakna usaha produktif yang tidak hanya fokus pada profit oriented tetapi juga mencoba memenuhi kebutuhan dan kenyamanan kepada pelanggan. Cafetaria dipilih menjadi Nama Jurnal sebagai penanda bahwa hasil penelitian di Bidang Akuntansi & Keuangan yang diterbitkan ini dapat menjadi referensi pemerhati, praktisi maupun para pengambil kebijakan tingkat lokal maupun regional dalam mensiasati sekaligus diharapkan menjadi problem solver of economy yang mampu menjawab persoalan perekonomian terutama di bidang Akuntansi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2021): JURNAL CAFETARIA" : 5 Documents clear
PENGARUH HUMAN RESORCE PRACTICE TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN DAMPAKNYA TEHADAP KOMITMEN AGEN ASURANSI Arsadi; Tegor
JURNAL CAFETARIA Vol 2 No 1 (2021): JURNAL CAFETARIA
Publisher : Program Studi Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51742/akuntansi.v2i1.268

Abstract

Penelitian ini didesain untuk menguji pengaruh secara empiris antara dua atau lebih variabelpenelitian yang telah dirumuskan dalam hipotesis. Variabel penelitian yang digunakan adalahhuman resource practice (reward, training, person-job fit), kepuasan kerja, dan komitmenkaryawan. Variabel eksogen dalam penelitian ini adalah human resource practice (reward,training, person-job fit. Variabel endogen dalam penelitian ini adalah kepuasan kerja dankomitmen karyawan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode analisisdata menggunakan partial least square. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hanya hipotesis2 dan hipotesis 6 yang tidak signifikan yaitu tidak terdapat pengaruh training terhadap kepuasankerja dan tidak terdapat pengaruh training terhadap komitmen karyawan melalui kepuasan kerja.
PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI DAN KUALITAS APARATUR TERHADAP LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karimun) Tegor Tegor; Juliza; Yusmalina Yusmalina; Fauzan Haqiqi
JURNAL CAFETARIA Vol 2 No 1 (2021): JURNAL CAFETARIA
Publisher : Program Studi Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51742/akuntansi.v2i1.276

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif bertujuan untuk mengetahuipenerapan standar akuntansi pemerintahan dan kualitas aparatur pemerintahan terhadap laporankeuangan pemerintah daerah pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang KabupatenKarimun tahun 2019. sampel berjumlah 15 sampel penelitian. Adapun teknik analisis data yangdigunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan interview dan dengan membagikankuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa standar akuntansi pemerintahanberpengaruh tidak signifikan terhadap laporan keuangan melalui mediasi kualitas aparaturpemerintahan. Koefisien jalur bertanda positif dapat diartikan bahwa hubungan standarakuntansi pemerintahan dengan laporan keuangan melalui kualitas aparatur pemerintahanadalah searah. Dengan demikian terdapat cukup bukti secara empiris untuk menolak hipotesis(H0) dan menerima hipotesis (H1).
ANALISIS KENAIKAN TAGIHAN LISTRIK SELAMA PENDEMI COVID-19 BERDASARKAN PERILAKU KONSUMTIF ENERGI LISTRIK DI INDONESIA Rosyid Ridlo Al Hakim; Ropiudin; Achmad Muchsin; Faridah Satya Lestari
JURNAL CAFETARIA Vol 2 No 1 (2021): JURNAL CAFETARIA
Publisher : Program Studi Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51742/akuntansi.v2i1.279

Abstract

Sejumlah pelanggan PLN mengeluhkan akan kenaikan tagihan listrik pada awal Juli 2020. Sejak awal Julilalu, banyak keluhan masyarakat tentang naiknya tagihan listrik selagi pandemi Covid-19 di Indonesia.Skema tagihan listrik ini menggunakan 40% pada Bulan Juni 2020, yang kemudian baru dibayarkansecara bertahap pada Bulan Juli, Agustus, September. Adanya kenaikan tagihan dikarenakan perubahanperilaku masyarakat yang menggunakan listrik selama pandemi Covid-19. Metode penelitian kuantitatifdengan teknik pengambilan sampel secara random sampling. Hasil sebanyak 137 orang yang mengalamikenaikan tagihan (90,5%) dengan 67,9% responden merupakan pelanggan prabayar, dan kenaikan tagihanlistrik yang diakibatkan oleh aktivitas-aktivitas yang lebih mengkonsumsi daya listrik yakni lebih seringberada di depan komputer/laptop dan terhubung ke internet sebanyak 28,5%, menonton TV/Filmsebanyak 11,7%, membuka platform daring multimedia sebanyak 9.5%. Nilai skala ordinal dari perilakuyang tergolong dalam kategori lebih banyak menggunakan energi listrik cukup berpengaruh terhadaptagihan listrik (kategori A1) 2,883 yang berarti cukup. Perlunya kesadaran masyarakat akan upaya-upayauntuk menghemat energi listrik selama pandemi Covid-19 (Work from Home) dan agar selalu melakukanpengecekan berkala pada penggunaan listrik di rumah.
CONSUMER VALUE, CONSUMER EXPERIENCE AND CONSUMER SATISFACTION Lod Sulivyo
JURNAL CAFETARIA Vol 2 No 1 (2021): JURNAL CAFETARIA
Publisher : Program Studi Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51742/akuntansi.v2i1.281

Abstract

Hubungan antara nilai pelanggan dan kepuasan pelanggan juga terkait dengan nilai pelanggansebagai persepsi pelanggan tentang konsekuensi yang diinginkan dari penggunaan produk.Semakin tinggi nilai pelanggan, semakin tinggi kepuasan pelanggan. Dengan adanyaexperiential marketing, pelanggan akan mampu membedakan produk dan jasa yang satu denganyang lainnya karena pelanggan dapat merasakan dan memperoleh pengalaman secara langsungmelalui lima pendekatan (sense, feel, think, act, relate), baik sebelum maupun ketika pelangganmenggunakan sebuah produk atau jasa. Setelah menggunakan produk atau jasa, maka pelangganakan merasakan adanya kepuasan atau ketidakpuasan sesuai dengan harapan sebelummenggunakan. Semakin tinggi experiential marketing yang dirasakan maka semakin tinggikepuasan yang dirasakan pelanggan.
ANALISIS PENGARUH REALISASI PENERIMAAN BEA MASUK TERHADAP TARGET PENERIMAAN BEA MASUK (PADA KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA CUKAI TIPE MADYA B TANJUNG BALAI KARIMUN PERIODE 2017-2019) Fauzan Haqiqi; Mira Santika; Yusmalina
JURNAL CAFETARIA Vol 2 No 1 (2021): JURNAL CAFETARIA
Publisher : Program Studi Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51742/akuntansi.v2i1.282

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif bertujuan untuk mengetahui realisasi penerimanaan bea masuk terhadap target penerimaan bea masuk Pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya B Tanjung Balai Karimun Tahun 2017-2019. Variabel dependen dalam penelitian adalah target penerimaan bea masuk sedangkan dalam variabel independen penelitian ini adalah realisasi penerimaaan bea masuk.Populasi dalam penelitian ini adalah data laporan realisasi 3 tahun penerimaan bea masuk dan target penerimaan bea masuk tahun 2017-2019 yang berjumlah 36 data, dengan sampel berjumlah 33 data sampel penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana, uji asumsi klasik (normalitas dan heteroskedastisitas), hipotesisuji t (uji signifikan secara parsial) dan uji koefisien determinasi R2.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel realisasi penerimaan bea masuk (X) mempunyai pengaruh yang tidak terlalu signifikan terhadap variabel target penerimaan bea masuk (Y) dimana diperoleh hasil uji t thitung 2,048 > ttabel 2.039 yang demikian H0 ditolak dan Ha diterima.

Page 1 of 1 | Total Record : 5